Ilmu yang berkah adalah ilmu yang dimanfaatkan dengan baik dan diamalkan

Winsor McCay, Animator Dunia

Winsor McCay (1869-1964) seorang kartunis dan seniman, sering disebut-sebut sebagai bapak animasi dunia. Beliaulah yang merintis penggunaan kartun dalam film, sekaligus menjadi inspirasi bagi para kartunis terkenal setelahnya, mulai dari Walt Disney sampai dengan Moebius dan Bill Watterson. Karya McCay yang terkenal adalah Little Nemo, sebuah comic strip yang terbit di harian New York Herald dan New York American antara tahun 1905 sampai dengan tahun 1911.
Meskipun Little Nemo berakhir di versi cetak, McCay bersama J. Stuart Blackman, seorang seniman yang dikenal dengan Enchanted Drawing-nya, menyutradarai sebuah film sunyi pendek (walaupun sebetulnya pada saat itu film ini boleh dibilang sebagai film tidak pendek) berjudul Winsor McCay, the Famous Cartoonist of the N.Y. Herald and His Moving Comics, tapi sering juga disebut Little Nemo. Film ini lantas disebut-sebut sebagai film animasi pertama, penjelajah batas penyampaian cerita yang sekarang ini tinggal kita ikuti dan nikmati dan sudah seharusnya terus berkembang. Lengkapnya tentang McCay bisa kita baca di Winsor McCay : His Life and Art.

Dibawah ini adalah rapat untuk pembuatan film Little Nemo, silahkan disimak.



Sementara itu, sebuah project luar biasa di Kickstarter dibuat untuk menghidupkan kembali film terakhir McCay, The Flying House. Film ini ditemukan dalam kondisi yang sangat buruk dan hendak dibuat ulang oleh seorang animator bernama Bill Plimpton. Bill akan bersusah payah membersihkan setiap frame, mewarnai film hitam-putih tersebut menggunakan tangan dengan komik asli karya McCay sebagai panduan warnanya, sekaligus merekam ulang suara dua pemeran utamanya. Sebuah usaha yang patut kita puji, semua itu dilakukan guna melestarikan sebuah karya legendaris yang menjadi tonggak sejarah kreatif umat manusia.
Labels: Biografi Pakar IT

Terima kasih telah membaca postingan ini, bila ada yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar. Ilmu yang berkah adalah ilmu yang dimanfaatkan dengan baik dan diamalkan Winsor McCay, Animator Dunia. Komentar anda memberikan masukan bagi saya

0 Comment for "Winsor McCay, Animator Dunia"

Silahkan Berkomentar Disini

Komentar yang anda berikan, menjadikan motivasi untuk saya

Back To Top