Home » » 5 Hal Yang Dilakukan Orang Cerdas

5 Hal Yang Dilakukan Orang Cerdas

Written By Rendy Wira on Thursday, December 27, 2012 | Thursday, December 27, 2012

Kebanyakan orang tak banyak berpikir mengenai belajar. Mereka mengira belajar bisa dilakukan secara alami. Padahal nyatanya belajar harus dilakukan dengan usaha ekstra untuk membuat Anda cerdas dengan semakin bertambahnya usia.
Berikut ini adalah hal yang dilakukan oleh orang-orang cerdas.


1. Suruh Suara Dalam Diri Anda Diam

Semua orang punya suara dalam diri mereka. Suara yang selalu muncul untuk berkomentar atau protes setiap kali mendengar orang lain berbicara. Terkadang lebih mudah untuk mendengarkan suara dalam diri ini ketimbang suara orang lain yang sedang bicara. Suara ini pula yang membuat banyak orang mengambil kesimpulan sepihak sebelum mendengar secara lengkap. Suara semacam ini bisa merugikan, jadi jangan terlalu fokus padanya dan lebih fokus pada pembicara.

2. Adu Argumentasi Dengan Diri Sendiri

Jika tidak bisa membuat suara dalam diri anda diam, sebaiknya anda mengajaknya berargumentasi. Ketika suara itu mengatakan hal negatif dan berlawanan dengan pembicara, coba ambil sudut pandang. Jelaskan alasan pada diri anda sendiri mengapa pembicara itu bisa saja benar dan diri anda yang salah. Berhasil melakukannya akan membuat diri anda lebih terbuka pada informasi dan ara pandang baru. Jika tak berhasil, setidaknya anda telah berhasil memperkuat argumen diri anda.

3. Merasa Selalu Penasaran (KEPO)

Beberapa orang memiliki perasaan penasaran secara alami, sementara yang lain tidak. Tak penting anda termasuk yang mana. Lebih penting adalah untuk memaksa diri bersikap ingin tahu (KEPO). Ketika mendengar sebuah informasi, setidaknya tulis tiga sampai lima pertanyaan mengenai hal tersebut. Lalu cari jawabannya sendiri. Dengan terus melakukannya, topik yang anda kuasai akan semakin bertambah dan anda memiliki banyak kemungkinan untuk terus belajar dari hal-hal baru.

4. Cari Tahu Faktanya

Tak ada konsep atau teori yang muncul secara tiba-tiba. Pasti ada fakta dan dasar yang kuat di baliknya. Nah, fakta itulah yang harus anda gali. Anda bisa saja tidak menyukai suatu ide dan konsep, namun jangan berhenti. Gali fakta yang mendasari pemikiran tersebut. Dengan begitu, anda bisa terus belajar memutar otak dan meningkatkan kemampuan untuk membuat sebuah konsep.

5. Fokus Pada Pesan, Bukan Pembawa Pesan

Kebanyakan orang tak bisa mengambil pembelajaran ketika tak menyukai pembawa pesan tersebut. Orang cerdas tak melakukan itu. Mereka mendengarkan pesan dan belajar dari pesan tersebut, serta tak peduli pada pembawa pesan. Dengan menerapkan ini, anda akan melihat ada banyak hal yang bisa dipelajari. Dari tetangga, anak-anak yang masih balita, remaja yang sedang puber, dan lainnya. Tidak melihat pembawa pesan juga membuat anda bisa berpikir lebih objektif.

Menjadi orang cerdas bukanlah sebuah anugerah, tapi juga dari kemauan untuk terus belajar dari hal-hal di sekitar atau dari fakta yang ada.

Semoga bermanfaat dan silahkan dicoba.

sumber: merdeka
Share this article :

2 comments:

  1. makasih infonya sobat, sangat bermanfaat sekali...!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama brother.
      jangan segan-segan untuk mampir lagi kemari ^_^

      Delete

Silahkan Berkomentar Disini

Komentar yang anda berikan, menjadikan motivasi untuk saya

Advertisement

peluang usahabanner adsbanner adsbanner ads
 
Support : ALL ABOUT INFORMATION
Copyright © 2012. ALL ABOUT INFORMATION - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Rendy Wira Adi
Proudly powered by Blogger