Ilmu yang berkah adalah ilmu yang dimanfaatkan dengan baik dan diamalkan

Sejarah Bluetooth



Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Bluetooth. Nah, hari ini saya akan menjelaskan seputar bluetooth. Saya akan berbagi Sejarah Bluetooth. Teknologi wireless ini sudah menjadi bagian wajib dari perangkat ponsel. Namun tahukah Anda bila nama Bluetooth sebenarnya berasal dari nama raja Denmark.

Harald "Bluetooth" Blatand merupakan raja Denmark yang memerintah pada tahun 958-986. Dirinya terkenal sebagai pemersatu beberapa suku di Denmark yang terpisah sebelum menjadi kerajaan. Teknologi Bluetooth dianggap memiliki kesamaan karena dapat mempersatukan berbagai perangkat dari beragam produsen dengan beragam kegunaan dalam satu jaringan.

Walaupun teknologi nama Bluetooth berasal dari masa lalu namun teknologinya pertama kali ditemukan pada 1994. Ericsson, sebuah perusahaan IT asal Swedia, merupakan penemu teknologi yang dapat menghubungkan teknologi berbeda menggunakan gelombang radio yang murah dan rendah tenaga.

Untuk mewujudkan ambisi koneksi lintas perangkat dan produsen, Ericsson kemudian mengadakan kerja sama. Hasilnya Special Interest Group didirikan pada 1998. SIG yang pada awalnya beranggotakan Ericsson, Intel, IBM, Toshiba dan Nokia bekerja mengembangkan Bluetooth. Hasilnya perangkat Bluetooth pertama dirilis satu tahun kemudian.

Bluetooth pada awalnya dikembangkan untuk menggantikan peran kabel pada perangkat sehari-hari seperti Mouse, keyboard dan lainnya. Namun akhirnya Bluetooth secara fungsi berkembang sebagai penghubung dengan sarana lain. Teknologi Bluetooth pun berkembang hingga jarak efektif sebelumnya yang hanya 10 meter menjadi 100 meter.

Bluetooth akan terus berkembang secara fungsi. 13.000 perusahaan di dunia mengembangkan Bluetooth sebagai media penghubung yang inovatif.

source
Labels: dan Pengetahuan Umum, Headline News

Terima kasih telah membaca postingan ini, bila ada yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar. Ilmu yang berkah adalah ilmu yang dimanfaatkan dengan baik dan diamalkan Sejarah Bluetooth. Komentar anda memberikan masukan bagi saya

16 Comment for "Sejarah Bluetooth"

wah keren ya ..
baru tw kalo seperti ini rupannya asal usul blututh

Blogwalking

www.ceritadariasrama.blogspot.com

makasih bang atas info.a...mampir juga ya ke blog q....tapi lain kali kalo kommentar jangan di kasih link aktif dong....hehe..sekali lagi makasih

Kunjungan agak malam gan :D heheh ...

jngan lupa komen back yaa ..
http://srezky.blogspot.com

kalau aku lahir di tahun itu..
Mungkin nama saya yang di pake tu..
hheheheeh

Silahkan Berkomentar Disini

Komentar yang anda berikan, menjadikan motivasi untuk saya

Back To Top