Ilmu yang berkah adalah ilmu yang dimanfaatkan dengan baik dan diamalkan

Seagate Membuat Hard Disk 60 Terabyte


Produsen hard disk Seagate mengumumkan bahwa mereka berhasil menemukan teknologi baru yang memungkinkan sebuah hard disk memiliki kapasitas 60 terabyte (TB).

Teknologi itu diberi nama Heat-Assisted Magnetic Recording (HAMR).

Seperti diketahui, sejak tahun 2006 kebanyakan hard disk menggunakan teknologi Perpendicular Magnetic Recording (PMR) untuk merekam data.

Kepadatan penyimpanan hard disk sekarang ini adalah 620 gigabyte (GB) per inci persegi. Hal ini membuat kapasitas hard disk yang tersedia saat ini hanya bisa mencapai 3TB untuk hard disk ukuran 3,5 inci (PC desktop) dan 750GB untuk hard disk 2,5 inci (laptop).

Nah, berkat teknologi HAMR yang ditemukan Seagate, mereka berhasil memuat kepadatan menjadi 1TB per inci persegi. Kepadatan tersebut 55% lebih banyak dibandingkan kepadatan sebelumnya.

Perusahaan yang bermarkas di Scotts Valley, California ini menjanjikan, generasi pertama dari hard disk HAMR akan menawarkan kapasitas 6TB untuk hard disk PC desktop, dan 2TB untuk hard disk laptop.

Prestasi kepadatan data ini akan terus dikembangkan dan pihak Seagate optimis perusahaannya bakal jadi yang pertama membuat media penyimpanan data berkapasitas 60TB, yang ditargetkan rilis pada dekade berikutnya.

Pihak Seagate menambahkan, teknologi HAMR akan menjadi teknologi penting di masa mendatang.

Sumber
Labels: Headline News

Terima kasih telah membaca postingan ini, bila ada yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar. Ilmu yang berkah adalah ilmu yang dimanfaatkan dengan baik dan diamalkan Seagate Membuat Hard Disk 60 Terabyte. Komentar anda memberikan masukan bagi saya

0 Comment for "Seagate Membuat Hard Disk 60 Terabyte"

Silahkan Berkomentar Disini

Komentar yang anda berikan, menjadikan motivasi untuk saya

Back To Top